A.
Pengertian
Penilaian
Penilaian adalah serangkaian
kegiatan untuk memperoleh data dan informasi tentang proses dan hasil belajar
peserta didik, dengan cara menganalisis dan menafsirkan data tentang kegiatan
yang dilakukan peserta didik secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga
menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian pendidikan sebagai
proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.
proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.
Jenis Penilaian :
1.
Penilaian otentik merupakan penilaian yang
dilakukan secara komprehensif untuk menilai aspek sikap, pengetahuan,
keterampilan mulai dari masukan (input), proses,
sampai keluaran (output) pembelajaran.
2.
Penilaian diri merupakan penilaian yang
dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif untuk membandingkan
posisi relatifnya dengan kriteria yang telah ditetapkan.
3.
Penilaian berbasis portofolio merupakan
penilaian yang dilaksanakan untuk menilai keseluruhan entitas proses belajar
peserta didik termasuk penugasan perseorangan dan/atau kelompok di dalam
dan/atau di luar kelas dalam kurun waktu tertentu.
4.
Ulangan merupakan proses yang dilakukan untuk
mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran,
untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik.
5.
Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan
secara periodik untuk menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan
satu sub-tema.
6.
Ulangan tengah semester merupakan
kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran.
7.
Ulangan akhir semester merupakan
kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik di akhir semester.
8.
Ujian Tingkat Kompetensi : kegiatan
pengukuran yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengetahui pencapaian
tingkat kompetensi. Cakupan UTK meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang
merepresentasikan Kompetensi Inti pada tingkat kompetensi tersebut.
9.
Ujian Mutu Tingkat Kompetensi yang selanjutnya
disebut UMTK merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh pemerintah untuk
mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan UMTK meliputi sejumlah
Kompetensi Dasar yang merepresentasikanKompetensi Inti pada tingkat kompetensi
tersebut.
10. Ujian sekolah/madrasah merupakan
kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi yang diujikan setelah menyelesaikan
seluruh program pembelajaran.
B.
Teknik
Penilaian
1. Penilaian
Sikap
a. Observasi
Observasi
dilakukan saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran.
b. Penilaian
Diri
Peserta
didik mengemukakan kelebihan dan kekuarangan dirinya dalam konteks pencapaian
kompetensi. Penilaian Diri dilakukan sebelum ulangan harian.
c. Penilaian
antar teman
Caranya
meminta peserta didik untuk saling menilai terkait sikap dan perilaku keseharian
peserta didik. Penilaian ini berkala dilakukan setelah pembelajaran.
d. Jurnal
catatan Guru : catatan pendidik tentang kekuatan dan kelemahan sikap dan
perilaku peserta didik.
2. Penilaian
Aspek Pengetahuan
a. Tes
tulis : pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.
b. Tes
lsian : petanyaan secara lisan dan respon peserta didik secara lisan, sehingga
menumbuhkan sikap berani berpendapat.
c. Penugasan
: tugas individu maupun kelompok
3. Penilaian
Aspek Keterampilan
a. Penilaian
Kinerja : memainkan alat musik, menggunakan mikroskop, menyanyi, bermain peran,
menari, dan sebagainya, sebagai tugas mengaplikasikan pengetahuan dan
keterampilan peserta didik.
b. Penilaian
Projek : penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan dalam periode/ waktu
tertentu. Tugas tersebut berupa investigasi sejak perencanaan, pengumpulan
data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.
c. Penilaian
Portofolio : koleksi pribadi hasil pekerjaan peserta didik yang menggambarkan
taraf pencapaian kompetensi.
Jenis
portofolio :
1) Portofolio
Pribadi yang bersifat rahasia (Anecdotal
Record) : formulir tentang identitas siswa, pendidikan, penyakit, riwayat
sejak kandungan, dan sebagainya
2) Portofolio
Pembelajaran : gambar-gambar, contoh pekerjaan, tulisan-tulisan peserta didik
dan sebagainya.
3) Portofolio
Catatan Khusus Jangka Panjang : catatan sejak SD sampai ke jenjang berikutnya.
Foto prestasi dalam lomba, atau catatan kriminal dari kepolisian.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar