"Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan DIMINTAI PERTANGGUNGJAWABAN terhadap apa yang dipimpin. Seorang suami adalah pemimpin bagi anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang telah dipimpinnya atas mereka."(HR. Muslim)

Jumat, 31 Oktober 2014

PENILAIAN DI SEKOLAH DASAR

A.    Pengertian Penilaian
Penilaian adalah serangkaian kegiatan untuk memperoleh data dan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik, dengan cara menganalisis dan menafsirkan data tentang kegiatan yang dilakukan peserta didik secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian pendidikan sebagai
proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.
Jenis Penilaian :
1.      Penilaian otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai aspek sikap, pengetahuan, keterampilan mulai dari masukan (input), proses, sampai keluaran (output) pembelajaran.
2.      Penilaian diri merupakan penilaian yang dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif untuk membandingkan posisi relatifnya dengan kriteria yang telah ditetapkan.
3.      Penilaian berbasis portofolio merupakan penilaian yang dilaksanakan untuk menilai keseluruhan entitas proses belajar peserta didik termasuk penugasan perseorangan dan/atau kelompok di dalam dan/atau di luar kelas dalam kurun waktu tertentu.
4.      Ulangan merupakan proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik.
5.      Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu sub-tema.
6.      Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran.
7.      Ulangan akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester.
8.      Ujian Tingkat Kompetensi : kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan UTK meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang merepresentasikan Kompetensi Inti pada tingkat kompetensi tersebut.
9.      Ujian Mutu Tingkat Kompetensi yang selanjutnya disebut UMTK merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan UMTK meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang merepresentasikanKompetensi Inti pada tingkat kompetensi tersebut.
10.  Ujian sekolah/madrasah merupakan kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi yang diujikan setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran.

B.     Teknik Penilaian
1.      Penilaian Sikap
a.       Observasi
Observasi dilakukan saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran.
b.      Penilaian Diri
Peserta didik mengemukakan kelebihan dan kekuarangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Penilaian Diri dilakukan sebelum ulangan harian.
c.       Penilaian antar teman
Caranya meminta peserta didik untuk saling menilai terkait sikap dan perilaku keseharian peserta didik. Penilaian ini berkala dilakukan setelah pembelajaran.
d.      Jurnal catatan Guru : catatan pendidik tentang kekuatan dan kelemahan sikap dan perilaku peserta didik.

2.      Penilaian Aspek Pengetahuan
a.       Tes tulis : pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.
b.      Tes lsian : petanyaan secara lisan dan respon peserta didik secara lisan, sehingga menumbuhkan sikap berani berpendapat.
c.       Penugasan : tugas individu maupun kelompok
3.      Penilaian Aspek Keterampilan
a.       Penilaian Kinerja : memainkan alat musik, menggunakan mikroskop, menyanyi, bermain peran, menari, dan sebagainya, sebagai tugas mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan peserta didik.
b.      Penilaian Projek : penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan dalam periode/ waktu tertentu. Tugas tersebut berupa investigasi sejak perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.
c.       Penilaian Portofolio : koleksi pribadi hasil pekerjaan peserta didik yang menggambarkan taraf pencapaian kompetensi.
Jenis portofolio :
1)      Portofolio Pribadi yang bersifat rahasia (Anecdotal Record) : formulir tentang identitas siswa, pendidikan, penyakit, riwayat sejak kandungan, dan sebagainya
2)      Portofolio Pembelajaran : gambar-gambar, contoh pekerjaan, tulisan-tulisan peserta didik dan sebagainya.
3)      Portofolio Catatan Khusus Jangka Panjang : catatan sejak SD sampai ke jenjang berikutnya. Foto prestasi dalam lomba, atau catatan kriminal dari kepolisian.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar