"Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan DIMINTAI PERTANGGUNGJAWABAN terhadap apa yang dipimpin. Seorang suami adalah pemimpin bagi anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang telah dipimpinnya atas mereka."(HR. Muslim)

Rabu, 30 September 2015

TATA BOGA

Praktek tata boga
Mulok sekolah di SD Negeri 01 Guomo menentukan mulok tata boga. Perangkat yang akan dipergunakan dalam melaksanakan pembelajaran dibuat sendiri oleh guru dan sekolah. Mulok tata boga ini dilaksanakan mulai kelas I sampai dengan kelas VI, dengan jumlah jam belajar masing-masing kelas adalah 2 jam pelajaran.

Mulok sekolah ini menuntuk kreativitas guru, karena guru harus menyusun sendiri perangkat pembelajaran dan mencari sumber belajar dari berbagai sumber yang diperoleh. Sumber belajar yang sangat mendukung adalah internet.

Melalui akses internet para guru memeproleh materi tata boga, dan menyusunnya sesuai dengan tingkat kelas dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Mencoba rasa masakan
Materi mulok  tata boga untuk kelas rendah yaitu kelas I, II, dan III lebih banyak ke teori ringan dan praktek ringan, seperti pengenalan bahan-bahan memasak, pengenalan alat-alat memasak. Sedangkan untuk kelas tinggi minggu I teori dan minggu II praktek memasak. Bahkan mungkin juga 2 minggu untuk teori dan minggu ke 3 baru melaksanakan praktek memasak, hal ini disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi pelajaran.

Pelaksanaan mulok tata boga di SD Negeri 01 Gutomo mendapat presiasi yang positif dari peserta didik. Hampir seluruh peserta didik baik laki-laki maupun perempuan senang melaksanakan tata boga.

Mengolah bahan masakan
harapan
Semoga dengan diselenggarakan mulok tata boga mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam hal tata boga, sedangkan bagi guru mampu meningkatkani kreativitas, pengetahuan, dan keterampilan guru dalam tata boga.
Hasil tata boga

Kelompok 3








Tidak ada komentar :

Posting Komentar