"Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan DIMINTAI PERTANGGUNGJAWABAN terhadap apa yang dipimpin. Seorang suami adalah pemimpin bagi anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang telah dipimpinnya atas mereka."(HR. Muslim)

Sabtu, 11 Februari 2017

KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH


Kompetensi Supervisi
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tanggal 17 April 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, disebutkan bahwa kompetensi Kepala Sekolah adalah sebagai berikut.
1. Dimensi Kompetensi Kepribadian 
   
 1.1 Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan akhlak mulia, menjadi teladan akhlak mulia bagi                      komunitas di sekolah/madrasah.
     1.2 Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin. 

Kompetensi Supervisi
     1.3 Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah/madrasah. 
     1.4 Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi. 
     1.5 Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah/madrasah.

Supervisi


     1.6 Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan. 
2. Dimensi Kompetensi Manajerial 
    2.1 Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan. 
    2.2 Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan. 
    2.3 Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah/madrasah secara               optimal. 
Pembinaan
    2.4 Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang                   efektif. 
    2.5 Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran                     peserta didik. 
    2.6 Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal. 
    2.7 Mengelola sarana dan prasarana sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal. 
    2.8 Mengelola hubungan sekolah/madrasah dengan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide,               sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah. 
    2.9 Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan                           pengembangan kapasitas peserta didik. 
   2.10 Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan                      pendidikan nasional. 
   2.11 Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel,                            transparan, dan efisien. 
   2.12 Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah. 
   2.13 Mengelola unit layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan                    kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah. 
   2.14 Mengelola sistem infornasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan                            pengambilan keputusan. 
   2,15 Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen                        sekolah/madrasah. 
   2.16 Melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah                 dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya. 
3. Dimensi Kompetensi Kewirausahaan 
    3.1 Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah. 
    3.2 Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang                 efektif. 
    3,3 Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai               pemimpin sekolah/madrasah. 
    3.4 Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi                       sekolah/madrasah. 
    3.5 Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan sekolah/madrasah sebagai sumber belajar               peserta didik. 
4. Dimensi Kompetensi Supervisi 
    4.1 Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesional guru. 
    4.2 Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat. 
    4.3 Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme               guru. 
5. Dimensi Kompetensi Sosial 
    5.1 Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah/madrasah. 
    5.2 Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. 
    5.3 Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar